Cara Meningkatkan Berat Janin Selama Kehamilan

berat badan janin

Merawat bayi anda bun, tidak harus menunggu sampai dia dilahirkan. Justru idealnya harus dimulai ketika bayi anda masih ada didalam kandungan =)

Kesehatan sang ibu, diet dan kebiasaannya memberikan dampak pada pertumbuhan janin dan karena alasan inilah sangat penting bagi calon ibu untuk mengikuti pola hidup sehat.

Diet yang sehat, olah raga teratur dan gaya hidup yang tepat serta medikasi yang tepat adalah kunci untuk menjamin sang ibu melahirkan bayi yang sehat.

Satu parameter kunci mengetahui perkembangan bayi adalah dengan mengukur berat janin.

Banyak kita dengar para calon orang tua yang terlalu waspada dengan berat janinnya yang terlalu berat atau terlalu ringan setelah melakukan USG.

Di artikel ini terdapat semua hal yang perlu anda ketahui tentang berat janin.

Bagaimana Berat Janin Diukur?

Selama USG, radiologis akan melakukan pengukuran pada janin, diantaranya :

  • Biparietal diameter / Diameter kepala (BPD)
  • Femur length / Panjang Tulang Paha (FL)
  • Head circumference / Lingkar Kepala (HC)
  • Occipitofrontal diameter (OFD)
  • Abdominal circumference / Lingkar Perut (AC)
  • Humerus length / Panjang Lengan Atas (HL)

Begitu setiap bagian ini ukurannya didapatkan, formula yang komplek digunakan untuk menentukan berat bayi dan usia kehamilan.

Sangat penting untuk memahami bahwa formula ini tidak 100% akurat dan berat yang sebenarnya memiliki kisaran 10% lebih atau kurang dari hasil yang didapatkan.

Untuk berat janin, 2 parameter yang paling penting dan menentukan adalah Lingkar perut dan diameter kepala.

Berapa Berat Janin Yang Ideal?

Tolong diketahui dan dipahami bahwa berat “ideal” janin dibawah ini, adalah berat rata-rata, karena berat bayi yang sebenarnya akan bervariasi tergantung dari pertumbuhannya.

Rata rata berat bayi selama kehamilan
Minggu Kehamilan Berat dalam gram
8 1
9 2
10 4
11 7
12 14
13 23
14 43
15 70
16 100
17 140
18 190
19 240
20 300
21 360
22 430
23 501
24 600
25 660
26 760
27 875
28 1005
29 1153
30 1319
31 1502
32 1702
33 1918
34 2146
35 2383
36 2622
37 2859
38 3083
39 3288
40 3462
41 3597
42 3685

Seperti yang anda lihat pada daftar diatas, pada kisaran trimester ketiga janin akan berkembang dengan signifikan.

Pada minggu 35, rata rata janin akan mengalami kenaikan berat sebanyak 230 gram setiap minggu.

8 Tips Meningkatkan Berat Janin Selama Kehamilan

Tips berikut ini akan menjamin baik anda dan bayi anda akan memiliki berat badan yang sehat dan ideal:

    1. Makan makanan yang kaya nutrisi tapi seimbang. Cobalah menjaga diet anda senatural mungkin dengan banyak buah dan sayur. Juga masukkan gandum, protein dan karbohidrat komplek didalam menu makanan anda.
    2. Minum vitamin anda secara teratur. Vitamin ini akan mengisi jarak dari nutrisi yang tidak terpenuhi dari makanan, dan berfungsi juga sebagai suplemen yang menyehatkan anda dan bayi anda.
    3. Masukkan buah kering dan kacang kedalam menu makan anda, karena mereka memiliki lemak yang menyehatkan.
    4. Pastikan anda mendapatkan istirahat yang cukup pada siang dan malam hari. Beristirahat akan membuat tubuh anda memiliki peluang untuk mengembalikan vitalitasnya. Bekerja terlalu keras akan memberikan tekanan negatif pada anda dan bayi anda. jadi pastikan anda tidur siang secukupnya, dan tidur malam setidaknya 8 jam.
    5. Jaga pikiran tetap rileks dan positive setiap saat. Jika anda terlalu cemas atau khawatir, anda akan kehilangan nafsu makan, yang mana akan mengurangi nutrisi untuk bayi anda. Sebaliknya, terlalu banyak makan juga tidak bagus.
    6. Jaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan minum air putih. Dehidrasi selama kehamilan dapat menyebabkan berbagai komplikasi seperti sakit kepala, masalah pencernaan, sakit maag, dan sebagainya.
    7. Jika anda merasa cemas dengan berat janin anda, bicarakan dengan ginekologis dan pahami seberapa sering anda harus menghitung berat bayi anda. Umumnya dokter tidak akan merekomendasikan ultrasoun scan kecuali memang diperlukan.
    8. Bicarakan dengan dokter anda jika anda membutuhkan suplemen ekstra untuk meningkatkan berat janin anda.

Namun demikian bun, intinya adalah berat sang ibulah yang menentukan berat janinnya. JIka si ibu tidak cukup memiliki berat badan, maka bayinya juga akan mengikuti dan memiliki berat yang kecil.

Hal Yang Perlu Diketahui Jika Mencoba Menaikkan Berat Janin

Sementara anda mengikuti tips diatas untuk meningkatkan berat badan janin anda, penting untuk mengikuti panduan dibawah ini :

  1. Hindari makanan yang berlemak seperti makanan yang digoreng dan makanan yang sangat berminyak. Idenya adalah tidak meningkatkan berat badan anda buru buru. Dengan mengkonsumsi makanan yang berminyak dan berlemak, anda memberikan diri anda dan bayi anda pada resiko terkena kolesterol dan hipertensi. Untuk bermanfaat bagi bayi anda, anda perlu meningkatkan berat badan secara perlahan dan terukur.
  2. Hindari merokok. obat-obatan terlarang, alkohol dan kafein dalam jumlah besar. Kesemuanya memiliki dampak pada anda dan kesehatan janin anda.

Apakah anda memiliki tips dan trik untuk meningkatkan berat badan bayi dengan cara yang sehat ? Silakan share dibagian komentar =)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *