Ini Bun Cara Mengatasi Mual Saat Anda Sedang Hamil

cara mengatasi rasa mual saat hamil muda

Mual memang sudah menjadi menu wajib bagi kita selama masa hamil ya bun. Meski ada sebagian juga yang tidak mengalaminya, tapi umumnya kenaikan hormon kehamilan akan memicu rasa mual ini terutama di kehamilan trimester pertama.

Apakah rasa mual ini pertanda anda sakit ?

Memang terasanya seperti itu, tapi sama sekali bukan, melainkan hal ini adalah bagian alami dari respon tubuh anda akan tumbuhnya janin di dalam rahim anda.

Dan bersiaplah karena anda akan berurusan dengan perasaan yang cukup tidak mengenakkan ini selama beberapa bulan kedepan =)

KAPAN RASA MUAL SAAT HAMIL DIMULAI?

JIka ini bukan kehamilan pertama anda, maka anda tahu kabar buruknya bun.

Meski kadang rasa mualnya mulai muncul sejak pagi matahari terbit, tapi rasa mual ini bisa muncul kapan saja sepanjang hari.

Gejala umumnya dimulai saat kehamilan mulai memasuki usia minggu ke 3 sampai minggu ke 9 dan puncaknya di minggu ke 7 dan minggu ke 12.

Dan karena di masa ini indera penciuman menjadi sangat sensitif terutama pada wanita yang baru pertama kali hamil, perasaan ini dapat memberikan banyak wanita hamil rasa yang tidak enak pada beberapa jenis makanan.

Tapi kabar baiknya bun, umumnya hal ini akan berangsur angsur berkurang dan berhenti di minggu ke 12 sampai minggu ke 14.

Meski demikian ada beberapa golongan ibu yang terus merasakannya hingga trimester kedua.

Dan bagi mereka yang sedang mengandung anak kembar, bahkan bisa merasakan rasa mual ini hingga trimester ketiga.

Kabar baiknya lagi, meski rasa mual ini membuat anda sangat tidak nyaman, hal ini sama sekali tidak memberikan dampak negatif apapun kepada bayi anda =)

APA PENYEBAB RASA MUAL SAAT HAMIL?

Tidak ada yang tahu pasti – meski ada beberapa teori yang pernah dikemukakan.

Bisa jadi hal ini disebabkan oleh meningkatnya hormon kehamilan hCG ( yang puncaknya berada disaat rasa mualnya terasa hebat ).

peningkatan hormon hCG di trimester awal kehamilan

Meningkatnya hormon estrogen dan progesteron menenangkan otot organ pencernaan, membuat sistem pencernaan menjadi lebih “kurang” efektif.

Melewatkan makan saat mual juga memberikan kontribusi rasa mual anda menjadi lebih parah, mengurangi nutrisi janin anda, dan dapat berimbas pada berat badan janin.

Tidak semua wanita hamil akan mengalami rasa mual saat hamil, dan memang tidak sama pada setiap wanita.

Beberapa hanya merasakan sedikit mual, lainnya bisa lebih parah tapi tanpa ada rasa muntah, sementara yang lain ada yang muntah sesekali, dan sisanya bahkan bisa muntah lebih parah.

Ada beberapa variasi penyebab dari hal ini diantaranya :

Level Hormon.

Semakin tinggi level hormon anda ( terutama jika anda sedang mengandung anak kembar ) akan meningkatkan kemungkinan anda merasa mual.

Sementara semakin rendah levelnya, kemungkinan anda merasa mual saat hamil juga akan semakin rendah.

Beberapa golongan wanita dengan hormon normal bahkan ada yang tidak merasakan apapun.

Sensitivitas. 

Beberapa otak memiliki pusat rasa mual yang lebih sensitif dari wanita yang lain, yang mana artinya mereka akan lebih merespon terhadap perubahan hormon dan menyebabkan rasa mual lebih mudah terasa.

Jika anda adalah orang yang memiliki pusat rangangan mual yang sensitif ( seperti jika anda mudah mabuk kendaraan, mabuk laut atau mabuk saat dipesawat ), maka anda kemungkinan akan lebih besar mengalami perasaan mual yang cukup parah di masa kehamilan.

Tidak pernah merasakan rasa ini di hari hari biasa ?

Maka bisa jadi anda tidak akan mengalami rasa mual di masa hamil nantinya =)

Stress.

Sudah diketahui bahwa stress yang disebabkan oleh pemicu emosional akan membuat sistem gastrointestinal ( sistem pencernaan) anda mengalami kontraksi.

Jadi bukan hal yang mengejutkan jika rasa mual anda akan lebih terasa parah saat anda sedang stress.

Capek.

Rasa capek yang disebabkan oleh fisik atau mental juga akan memicu rasa mual. Demikian pula sebaliknya, semakin anda merasa mual, anda akan semakin merasa capek.

Kehamilan Pertama.

Rasa mual saat hamil lebih umum dan akan lebih mudah ditemui di masa kehamilan pertama yang mana baik fisik atau mental sang ibu baru akan lebih teruji.

Secara fisik tubuh ibu yang baru hamil pertama kali akan kurang siap terhadap kenaikan hormon dan perubahan lain yang terjadi selama kehamilan pertama.

Secara emosional, ibu baru akan diliputi rasa takut dan cemas dan hal ini akan menyumbangkan stress dan depresi selama kehamilan yang akan mempengaruhi perut dan pencernaan.

Genetik.

Wanita yang ibunya memiliki rasa mual saat hamil lebih diketahui akan mengalami hal yang sama saat mereka hamil nantinya.

Ini seperti turun temurun.

YANG PERLU ANDA KETAHUI

Dalam jangka pendek, tidak makan bisa jadi tdak akan menjadi masalah.

Bayi anda bisa jadi masih amat sangat kecil saat rasa mual ini menyerang anda dan ini sama sekali tidak memberikan efek terhadap asupan nutrisinya.

Dan saat mereka sudah cukup besar dan membutuhkan nutrisi yang banyak, rasa mual anda bisa jadi sudah menghilang dan nafsu makan anda sudah kembali =)

Bahkan pada beberapa wanita yang memiliki nafsu makan kurang di awal kehamilan, tidak akan memberikan dampak negatif ke bayinya, selama hal itu terbayar di bulan kehamilan selanjutnya.

Juga, cermati warna urin anda, jika dia bening atau berwarna putih artinya anda telah cukup minum dan terhidrasi dengan baik.

Jika air kencing telah berwarna gelap, itu tandanya anda harus minum banyak.

Jika rasa mual anda telah berkelanjutan dan mulai terasa parah seperti anda muntah selama beberapa kali sehari, ada baiknya anda segera menemui dokter anda.

Anda mungkin membutuhkan perawatan lanjutan baik untuk anda dan bayi anda.

YANG BISA ANDA LAKUKAN UNTUK MENGURANGI RASA MUAL SAAT HAMIL

Jika anda saat ini sedang merasakan rasa mual saat hamil dan ingin mencari solusi cepat, beberapa hal dibawah ini bisa menjadi solusi cepat bun.

Silakan dicoba praktekkan :

Bertahanlah pada makanan yang anda sukai, untuk saat ini. Bahkan bila ini adalah makanan yang sama, setiap hari. Hindari makan atau melihat dan mencium makanan yang dapat memicu rasa mual anda terutama makanan dengan rasa asam, pedas dan beraroma kuat.

Cari jenis makanan yang anda sukai dan memiliki cukup nutrisi, dan bertahanlah untuk sementara ke makanan itu ( termasuk susu kehamilan ).

Susu kehamilan saja umumnya sudah cukup untuk mencukupi nutrisi bayi anda saat ini, karena saat ini dia masih sangat kecil dan nutrisi yang dibutuhkannya masih sangat kecil pula.

Jangan termakan mitos mitos kehamilan seperti ini.

Makan Lebih Awal. Rasa mual tidak akan menunggu anda untuk bangun pagi. Bahkan dia akan mulai terasa begitu perut anda dalam keadaan kosong, termasuk setelah anda tidur lama sepanjang malam.

Ini karena anda belum makan dan asam dilambung akan bekerja mencerna, tapi tidak ada yang dicerna kecuali dinding lambung anda sendiri, yang mana akan membuat perut terasa mual.

Untuk mengatasinya, selalu sediakan makanan kecil di samping ranjang anda dan makan sedikit begitu anda terbangun di malam hari.

Makan Sebelum Tidur. Untuk beberapa alasan, makan ringan yang tinggi protein dan karbohidrat kompleks ( seperti susu dan buah ) sebelum anda tidur akan membuat perut anda lebih enakan saat anda bangun.

Jaga Agar Perut Selalu Terisi. Idenya adalah untuk menjaga agar perut anda tidak pernah kosong. Makanlah 8 porsi makan kecil sepanjang hari daripada makan hanya 3x sehari.

Kembali, jika perut anda kosong, maka anda akan lebih mudah merasa mual.

Plus, porsi makan yang lebih kecil akan lebih mudah untuk dicerna, dan tidak akan memicu rasa mualnya datang kembali.

Dan, jangan pergi dari rumah tanpa membawa makanan kecil yang bisa anda makan setiap saat untuk menjaga perut anda tetap terisi setiap saat.

Jangan Terlalu Banyak Makan Lemak. Semakin anda bertahan dengan makanan yang rendah lemak dan banyak serat, semakin akan terasa enak perut anda.

Tidak hanya karena lemak sulit untuk dicerna, tapi lemak akan membuat sistem saraf anda bekerja lebih ekstra dan menyebabkan rasa mual.

Ketahui pula makanan yang menjadi pantangan selama hamil ini, untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan pada janin anda selama kehamilan.

Gunakan Jahe. Memang benar bahwa sejak dulu dipercaya jahe secara saintifik dapat mengatasi rasa mual untuk jenis apapun.

Jadi selalu sediakan selalu minuman jahe, permen jahe, atau roti jahe di dekat anda.

jahe untuk mengatasi rasa mual saat hamil

Buat Limun. Cara lain untuk mengatasi mual bun, adalah dengan lemon. Banyak wanita merasakan bahwa rasa dan bau dari lemon sangat menenangkan.

Jadi buatlah limun dengan perasan lemon asli, dan rasa asamnya akan meredakan perut anda untuk beberapa saat.

Banyak Minum. Pastikan anda minum delapan gelas sehari terutama jika anda banyak muntah dan kehilangan banyak cairan.

Tidak enak minum air putih ? Makanlah es mambo.

Beberapa wanita merasakan bahwa minum saat makan akan membebani perut dan pencernaan mereka.

Jika hal ini juga terjadi pada anda bun, makan minumlah setelah makan. Bila perlu, makanlah makanan yang berkuah untuk mengganti minuman anda.

Anda juga bisa membuat milkshake atau smoothies.

Tapi hati hati juga dan jangan terlalu banyak.

Milkshake dan smoothies mengandung banyak susu dan es krim dan merupakan salah satu makanan untuk meningkatkan berat badan janin.

Jika anda tidak ingin bayi anda terlalu gemuk, konsumsi minuman ini secukupnya, sebatas untuk mengurangi mual saja.

Suplemen. Minumlah vitamin kehamilan anda untuk mengganti nutrisi yang tidak bisa anda dapatkan atau terbuang karena muntah.

Pastikan suplemen ini bebas dari zat besi, sampai setidaknya rasa mual anda telah berkurang.

Minumlah suplemen anda sata makan, atau pilih yang terbungkus kapsul lunak yang lebih mudah dicerna.

Pencet Titik Akupuntur di Lengan Anda. Ini adalah cara cepat yang bisa anda lakukan jika anda sedang mual.

Tekan tepat di dekat titik dimana biasanya anda mengecek denyut nadi di tangan anda, dan tekan disana selama beberapa saat, Lalu lepaskan.

Ulangi hingga rasa mualnya berkurang.

titik akunpuntur lengan untuk mengurangi rasa mual

Gunakan Sea-Band. Sea band adalah sebuah gelang khusus yang bisa anda beli di apotek atau dokter anda.

Bentuknya seperti akupresur pada lengan dan dapat membuat rasa mual anda berkurang dengan memakainya.

sea band akupresur lengan untuk mengurangi rasa mual saat hamil

Ambil waktu Santai. Ambil langkah klasik untuk mengurangi stress dan bersantai seperti meditasi atau yoga. Dan pastikan anda berbaring dengan nyaman saat tidur siang.

Jaga Kebersihan Mulut. Sikat gigi dan berkumurlah setelah muntah jika rasa mual anda telah sedikit mereda.

Termasuk setelah makan.

Tidak hanya hal ini akan membantu menjaga mulut anda tetap bersih, dan mengurangi rasa tidak nyaman, ini juga akan mengurangi resiko bakteri akan berkembang di sela sela gigi dari bekas muntah anda.

Minta Perawatan Dari Dokter. Jika rasa mual anda telah semakin parah, maka ada baiknya anda segera memeriksakan diri ke dokter untuk dicek lebih lanjut.

Anda umumnya akan diberikan pengobatan sesuai resep yang diberikan sesuai dengan diagnosa dokter anda.

Jangan minum obat herbal seperti teh herbal bersamaan dengan obat karena akan menghilangkan khasiat obatnya.

Gunakan pula USG untuk mengetahui perkembangan dan kesehatan janin anda setiap bulan.

KESIMPULAN

Mual saat hamil memang adalah respon alami dari tubuh anda yang sedang hamil bun, jadi memang tidak perlu dikhawatirkan.

Ikuti saja tips diatas, meski tidak dapat 100% menghilangkannya, tapi setidaknya dapat meringankan gejala dan perasaan tidak nyaman yang anda rasakan.

Bersabar saja, karena begitu memasuki trimester kedua kehamilan, rasa mual itu akan berangsur menghilang.

Anda tinggal menunggu kelahiran sang buah hati =)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *